Keajaiban Sunnah

menjaga kesehatan dengan ibadah

Powered by Blogger.

Niat

عَنْ أَمِيْرِ الْمُؤْمِنِيْنَ أَبِيْ حَفْصٍ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُوْلُ : إِنَّمَا اْلأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى . فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ، وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُهَا أَوْ
امْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ .
*رواه إماما المحدثين أبو عبد الله محمد بن إسماعيل بن إبراهيم بن المغيرة بن بردزبة البخاري وابو الحسين مسلم بن الحجاج بن مسلم القشيري النيسابوري في صحيحيهما اللذين هما أصح الكتب المصنفة*
Dari Amirul Mu’minin, Abî Hafs Umar bin al-Khaththab, dia berkata: “Saya mendengar Rasulullah e bersabda: Sesungguhnya setiap perbuatanitu  tergantung pada  niatnya dan  sesungguhnya  setiap  orang  (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan. Maka barangsiapa yang hijrahnya karena (ingin mendapatkan keridhaan) Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada (keridhaan) Allah dan Rasul-Nya, dan siapa yang hijrahnya karena dunia yang dikehendakinya atau karena wanita yang ingin dinikahinya maka hijrahnya (akan bernilai sebagaimana) yang dia niatkan.” Diriwayatkan oleh dua orang Imam ahli hadits; Abu Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin al-Mughirah bin Bardizbah al-Bukhâri, dan Abul Husain Muslim bin al-Hajjaj bin Muslim al-Qusyairi al-Naisaburi, di dalam kedua kitab Shahih mereka yang merupakan kitab paling shahih yang pernah ditulis.

Sekarang kita akan membahas mengenai melafalkan niat. Apa hukum melafalkan niat? Kita akan bahas secara ringan saja, tidak usah berat-berat yang penting serius. Misalnya ada yang bertanya bagaimana niat puasa senin kamis ? niat sholat tahajud ? niat puasa arafah ? niat zakat fitrah ? niat sholat jumat ? niat sholat dhuha ? niat wudhu ? niat puasa syawal ? niat sholat jenazah ? dan niat lain lain. Pasti diantara kita ada yang bertanya seperti itu. Nanti akan saya jawab.
Sebelum saya menjawab itu semua, mari kita pahami dulu makna niat.
Definisi niat
An Niat (niat) secara bahasa berarti al iraadah (keinginan) dan al qashdu (maksud/tujuan)  atau dengan kata lain qashdul quluub wa iraadatuhu  (keinginan hati dengan maksud/tujuan). Jadi jangan lagi nanya niat puasa senin kamis, niat sholat tahajud dll. Karena tidak mungkin kita sholat kalau kita tidak punya niat untuk sholat. Tidak mungkin kita wudhu kalau kita tidak punya niat untuk wudhu. Masak iya ada orang tiba-tiba puasa tanpa ada niat puasa sebelumnya. Pasti ada niat (keinginan hati dengan maksud tertentu) sebelum melakukan suatu ibadah. Jadi intinya niat itu dihati. Dimana? Disini #megangdada
Untuk masalah melafalkan niat misalnya usholi untuk niat solat, maka sesungguhnya tidak ada hadits sohih yang menyatakan rosulullah mengucapkan usholi saat mau solat, atau nawaitu wudhu saat mau wudhu.
Mungkin ada yang beranggapan bahwa mengucapkan Usholi itu sunnah maka paragraf diatas sudah menjawabnya. Yang namanya sunnah itu adalah apa yang diajarkan Rosulullah.
Mungkin ada yang beranggapan bahwa mengucapkan usholi itu rukun sholat, sehingga jika ada yang tidak dibaca maka solatnya tidak sah. maka anda berpendapat bahwa niat itu harus dilafalkan. Sebenarnya paragraf diatas juga sudah bisa menjawab.
Untuk membuat anda lebih yakin sekarang saya akan bertanya
Apakah semua amal ibadah harus dengan niat?
Anda akan menjawab
Tentu saja harus, sesuai dengan hadits yang anda tulis diatas.

Oke, saya akan tanya kembali
Lalu bagaimana dengan orang yang membaca alquran? Apakah ada bacaan niat membaca alquran? Apakah orang itu tidak punya niat untuk membaca al quran karena dia tidak melafalkan niatnya? Berarti sia-sia orang yang membaca al quran karena selama ini tidak melafalkan niatnya?
Jadi yang dimaksud dengan niat membaca alquran iyalah ada keinginan hati untuk membaca Alquran dengan tujuan..............(karena Allah, pamer, dll) begitu juga dengan niat sholat, puasa, wudhu, dll.

Jadi intinya bukan masalah sudah niat atau belum, karena saya yakin setiap kita akan melakukan suatu ibadah pasti kita punya niat untuk melakukan ibadah itu, yang terpenting ialah meluruskan niat kita hanya untuk Ridho Allah.

Semoga membantu.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Niat"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top