Keajaiban Sunnah

menjaga kesehatan dengan ibadah

Powered by Blogger.

Arti Syahadat

Arti Syahadat
Apa arti Syahadat? Sebagai seorang muslim, kita harus mengerti arti syahadat yang sebenarnya.Karena untuk menjadi seorang muslim maka seseorang harus melafalkan dua kalimat syahadat (seorang mualaf). Syahadat merupakan hal yang sangat lazim dan sangat sering kita dengar setiap hari. Syahadat selalu kita dengarkan saat adzan, saat iqomah, saat khotbah, ceramah. Bahkan
kita selalu mengucapkan syahadat saat solat 5 waktu. Setidaknya kita bersyahadat 9 kali dalam sehari (kalo sholat loh ya). Tapi masih banyak dari kita yang merasa hambar dengan syahadat yang diucapkan. Itu karena kita tidak benar-benar memahami esensi Syahadat. 

Syahadat
sering disebut dengan syahadatain (dalam bahasa arab berarti dua kalimat syahadat) karena memang mengandung dua kalimat yang tidak bisa dipisah-pisahkan.
Asyhadu al laa ilaha iliallaah
Wa asyhadu anna muhammadar rosulullaah

Untuk memahami esensi syahadat, sebelumnya kita harus pahami makna harfiah dua kalimat tersebut. Jika saya bertanya kepada anda apa arti kalimat pertama,  maka sebagian besar akan menjawab “aku bersaksi tidak ada tuhan selain Allah”. Sebenarnya itu kurang tepat, karena tidak ada kata Robbi (tuhan) dalam kalimat tersebut. Yang ada adalah ILAH (sesembahan). Sesungguhnya pada masa jahiliyah pun tuhan orang-orang kafir Quraisy juga Allah. Sebagai contoh, nama ayah Nabi Muhammad adalah Abdullah (hamba Allah). Jadi mereka sudah mengerti Allah sejak zaman jahiliyah sekalipun.  Bisa saya simpulkan Tuhan mereka adalah Allah tapi sesembahan mereka adalah lata, uza, dll. Atau mungkin ada juga yang mengartikan “aku bersaksi tiada tuhan yang berhak disembah selain Allah”. Dan sekali lagi ini masih kurang tepat. Mengapa demikian, akan saya gambarkan kepada anda.  Dengan mengartikan seperti itu maka kesimpulannya adalah Allah adalah tuhan yang berhak disembah dan itu akan menimbulkan celah-celah baru secara bahasa sebagai berikut:

1. Berarti mungkin masih ada tuhan lain, hanya saja tidak berhak disembah.
2. Atau yang berhak disembah bukan Cuma tuhan. Kalo tuhan yang berhak disembah itu Allah, kalo pusaka yang berhak disembah itu keris, kalau manusia yang berhak disembah itu Muhammad, kalau bla bla bla.
Coba anda baca lagi dan fikirkan dengan jernih, karena agak sulit memang mencerna tulisan saya ini dengan cepat karena kelemahan saya dalam memilih kata. Harap maklum

Jadi arti harfiah dari 2 kalimat syahadat yang tepat adalah :
-  Aku bersaksi bahwa tiada yang berhak disembah kecuali Allah
-  Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah

Dengan begitu tidak ada celah lagi karena hanya Allah yang berhak disembah. Bukan keris, bukan Muhammad SAW, apalagi Syahrini. Hehehe

Saya malah jadi bawa-bawa syahrini. Saya ingin sedikit komentar untuk foto syahrini yang lagi ramai yaitu foto Syahrini yang sedang disembah oleh karyawannya. Dalam hati saya apakah mereka tidak mengerti arti syahadat yang selalu mereka ucapkan (kalo mengucapkan). Mungkin ada yang bilang untuk lucu-lucuan, tapi seharusnya tidak melampaui batas. Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.

Oke kembali ke tema kita. Setelah kita mengerti makna harfiah 2 kalimat syahadat, maka selanjutnya kita masuk pada esensinya. Syahadat memiliki esensi sebagai berikut :

KESAKSIAN
Syahadat merupakan kesaksian kita terhadap kedudukan Allah SWT dan Muhammad SAW.

IKRAR
Ikrar yaitu suatu pernyataan seorang muslim mengenai apa yang diyakininya.Ketika seseorang mengucapkan kalimat syahadat, maka ia memiliki kewajiban untuk menegakkan dan memperjuangkan apa yang sudah ia ikrarkan itu.

SUMPAH
Seseorang yang bersumpah, berarti dia bersedia menerima akibat dan risiko apapun dalam menunaikan sumpahnya tersebut. Artinya, Seorang muslim itu berarti siap dan bertanggung jawab dalam tegaknya Islam dan penegakan ajaran Islam.

JANJI
Syahadat juga bermakna janji. Artinya, setiap muslim berjanji setia untuk mendengar dan taat dalam segala keadaan terhadap semua perintah Allah SWT yang terkandung dalam Al Qur'an maupun Sunnah Rasul.

Itulah arti syahadat yang dapat kami sampaikan. Semoga kita semua dapat mengambil pelajaran. Aamiinn
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Arti Syahadat "

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top